Melacak Cyber Crime  – Kebiasaan umum yang kerap kali menjadi rutinitas orang banyak belakangan ini yaitu seharian duduk manis di depan komputer. Ibarat sudah mendarah daging dalam tubuh, ketergantungan pada gadget sampai mengakar ke kehidupan kita sehari-hari. Di samping kenyamanan tingkat tinggi, segala kegiatan kita terkoneksi pada jaringan internet.

Habit kita meliputi utak-atik sosmed, streaming film Korea, maupun sekedar baca berita untuk menambah wawasan pembaharuan hari itu. Pokoknya, hampir separuh masalah kita terselesaikan berkat adanya koneksi internet. Kami berani jamin, bahwa kalian tidak sanggup membayangkan bagaimana jika tiba-tiba internet hilang dari keseharian kita. Anak kecil zaman sekarang pun lebih suka dihadiahi kuota paket data ketimbang mainan.

Melacak Cyber Crime Pada Komputer Pribadi1

Faktanya, bermalas-malasan di muka komputer menyimpan segudang kerugian tersembunyi yang tak kasat mata. Jangan kamu kira, penggunaan password sudah cukup melindungi privasi kalian dari tangan hacker jahil di dunia maya. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kejahatan melalui internet meningkat pesat seiring bertumbuhnya kemajuan dunia teknologi.

Setiap insan yang terhubung dengan jaringan internet berpotensi terkena resiko tindak cyber crime. Sebut saja misalnya perampokan biodata, kegiatan mata-mata, dan berbagai aksi kejahatan mengerikan lainnya. Sebagai langkah antisipasi, ada baiknya meningkatkan kewaspadaan diri akan proses abnormal dari komputer kesayanganmu. Jangan mengabaikan nasihat orang tua berbunyi sebuah penyesalan niscaya selalu datang terlambat. Sesal kemudian tiada guna. Betul?

Ciri-ciri Penyusupan Stalker Ke Dalam PC Desktop Atau Melacak Cyber Crime

Ciri-ciri seorang stalker dalam melakukan penetrasi ke sistem keamanan PC desktop kamu sebetulnya mudah untuk mengenalinya. Beberapa di antaranya paling umum dan populer mereka lakukan, yaitu sebagai berikut.

  1. Program berjalan pada komputer seringkali crash

Program berjalan pada komputer seringkali crash

Keahlian kelompok peretas terus berkembang mengikuti zaman. Terkadang, mereka akan menyusupi program komputermu melalui perantara coding. Tujuannya jelas, ia berniat membajak segala info terkait keuntungan pribadi. Indikasi paling kentara adalah terjadinya crash pada program yang sedang berjalan di layar komputermu dan kalian harus waspada terhadap penggunaan whatsapp di dekstop.

Apabila PC desktop di rumah kalian sering menunjukkan tanda not responding, berhati-hatilan seputar data finansial di dalamnya. Hapus semua cache pada browser, hilangkan aksen centang pada kolom pengisian username halaman web m-banking milikmu. Apalagi jika sudah menyangkut data kartu kredit, bisa mati berdiri melihat laporan tagihan bulan depan membengkak secara mendadak.

  1. LED pemberi notifikasi menyala walau dalam kondisi tidak terpakai

LED pemberi notifikasi menyala walau dalam kondisi tidak terpakai

LED notifikasi yang tersemat pada PC desktop ataupun laptop pribadi mu dapat mensinyalir kemungkinan terjadinya peretasan. Coba teliti lebih lanjut, apakah ia berulang kali melakukan kedipan walaupun kondisi perangkat sedang dalam mode istirahat. Jangan-jangan, penyusup sudah berhasil mengintai aktifitas mu dari suatu tempat di kejauhan. Skenario terburuknya yaitu ia sedang menyuntikkan virus atau malah mendownload isi laptopmu.

  1. Kamera web serta microphone aktif otomatis

Kamera web serta microphone aktif otomatis

Jika kamera web aktif secara otomatis, jaminan seratus persen pasti ada sosok pengintai pada laptopmu secara terang-terangan. Tidak ada banyak hal yang bisa kamu perbuat untuk menanggulanginya, sebab besar peluang ia telah menyelesaikan sesi mata-mata. Namun daripada terulang kembali, biasakan untuk menutupi kamera web serta non aktifkan mic setelah selesai digunakan.

  1. Selalu gagal mengakses berbagai situs karena muncul pop up pengalih

Selalu gagal mengakses berbagai situs karena muncul pop up pengalih

Peringatan keras bagi kalian pengabdi film bajakan di internet, atau file sejenis seperti e-book, mp4, dan sebagainya. Situs penyedia konten bajakan biasanya rentan ditunggangi malware maupun spyware yang setia menunggu mangsanya. Mereka akan mengelabui korban dengan beriklan menyerupai tombol download maupun unduh.

Ketika kamu klik tombol tersebut, maka kalian akan teralihkan pada sebuah situs berbeda tanpa sempat menyadarinya. Kalau sudah kejadian, apa itu bukan karma namanya? Maka dari itu, buang jauh-jauh kebiasaan korup dan mulailah menghargai hasil karya orang lain dengan membeli produk original.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top